Usia 2 tahun merupakan masa-masa golden age sehingga Moms harus bisa memilih mainan edukasi yang tepat

Tak terasa kini Si Kecil sudah beranjak 2 tahun dan mulai aktif bergerak ke sana kemari serta menyentuh berbagai benda yang ada di sekitarnya, ya, Moms.

Tapi tak perlu pusing, karena ini salah satu tanda baik. Hal ini menandakan kalau rasa ingin tahu Si Kecil sangatlah tinggi. Nah, di periode waktu ini Moms bisa memberikan mainan edukasi untuk membantu tumbuh kembangnya.

Pilihan Mainan Edukasi untuk Anak Usia 2 Tahun

Mengutip wawancara Prof. Jaffrey Trawick-Smith dengan NAEYC, beberapa mainan memiliki pengaruh pada cara berpikir anak, interaksi dengan teman sebayanya, dan juga kreativitas.

Selain itu, beberapa rekomendasi pilihan mainan edukasi untuk anak usia 2 tahun yang bisa Moms pilih antara lain: mainan balok kayu dengan bermacam bentuk, mainan kendaraan beserta rambu-rambu jalannya, dan mainan konstruksi bangunan.

Mainan tersebut bersifat terbuka sehingga anak-anak dapat bereksplorasi dengan berbagai caranya masing-masing. Nah, berikut beberapa pilihan mainan edukasi untuk anak usia 2 tahun yang bisa Moms pilih.

1. Melissa & Doug Deluxe Wooden ABC/123 Blocks Set

Belajar menyusun adalah salah satu tahap perkembangan yang penting untuk Moms perhatikan.

Pilihan mainan edukasi untuk anak usia 2 tahun yang pertama ini akan membantu Si Kecil mengasah daya pikir dan pemecahan masalah.

Melalui kegiatan belajar merangkai berdasarkan bentuk dan warna seperti ini juga penting guna melatih motorik Si Kecil agar semakin lancar.

2. Inini Masakan Lovely Kitchen

Bila usia Si Kecil mulai beranjak 2 tahun, rangkaian mainan alat masak ini sangat cocok untuk melatih motorik halusnya.

Dengan memberikan mainan ini, Moms akan melatih gerak koordinasi dan imajinasi Si Kecil menjadi lebih berkembang.

Cara bermainnya juga menyenangkan, lho. Moms bisa ajak Si Kecil bermain peran untuk menjadi koki dan pembeli.

3. Spike the Fine Motor Hedgehog

Pilihan mainan edukasi untuk anak usia 2 tahun selanjutnya akan mendukung keterampilan motorik halus Si Kecil dengan baik.

Ke-12 perangkat duri landak di atas akan mengajarkan Si Kecil untuk mengenal bentuk, warna, dan berhitung.

Permainan ini pun bisa perlahan-lahan melatih kekuatan jari dan tangan Si Kecil yang sedang berkembang melalui aktivitas memegang yang dilakukannya.

4. VTech Touch & Teach Word Book

Permainan dalam bentuk buku edukasi ini diperuntukan bagi anak-anak di rentang usia 18 bulan hingga 4 tahun. Buku dari VTech ini akan melatih eksplorasi Si Kecil melalui pembelajaran huruf dan kata-kata.

Mainan ini juga cukup efektif dan menyenangkan untuk membantu perkembangan Si Kecil dalam hal membaca nantinya.

Di awal penggunaannya, Moms perlu aktif mengajarkan agar Si Kecil supaya terbiasa dan nyaman dengan mainan edukasi ini.

5. Mainan Musik: B. Toys Parum Pum Pum

Bisa dibilang musik adalah salah satu cara paling efektif untuk mengembangkan koordinasi dan motorik anak. Terdapat beberapa instrumen musik dalam bentuk menggemaskan seperti: lonceng, stik drum, tamborin, dan rebana yang terbuat dari plastik.

Cara bermainnya cukup unik nih Moms, ajak Si Kecil untuk memainkan alat-alat tersebut sembari bernyanyi. Tanpa disadari, Si Kecil pun bisa bermain sambil melatih gerak motoriknya secara natural dan menyenangkan.

Artikel ini telah tayang di : parenting.orami.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *