Walau belum makan macam-macam, namun bayi juga bisa mengalami kembung lho, Moms. Sama seperti orang dewasa, bayi pun merasa sangat tidak nyaman saat perutnya kembung. Umumnya bayi menjadi lebih rewel, menangis tanpa alasan, lebih manja, atau bahkan nafsu makan dan minum susunya berkurang.

Bagaimana cara mengatasi perut kembung yang dialami Si Kecil dengan tepat dan mudah? Yuk, ketahui penyebab perut kembung pada bayi dan cara ampuh untuk mengatasinya.

Penyebab Perut Bayi Kembung

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan perut bayi kembung. Menurut Web MD, ini hal yang paling sering menyebabkan perut bayi kembung:

• Makanan bayi. Ketika anak sudah di atas 6 bulan, beberapa menu MPASI bisa memicu gas berlebih di saluran cerna dan membuat perut bayi menjadi kembung.

• Makanan ibu. Walau masih ASI eksklusif, bayi juga bisa kembung karena makanan yang ibu konsumsi. Coba kurangi konsumsi makanan yang bisa memicu gas, seperti brokoli, kentang, dan kubis.

• Minuman bayi. Bayi di bawah 1 tahun tidak disarankan diberikan minuman lain selain ASI, susu formula, atau air putih. Pemberian jus buah bisa membuat perutnya kembung karena sistem pencernaan bayi masih sulit untuk mengolahnya.

• Botol susu. Ujung dot yang kecil dan sempit bisa membuat bayi menelan lebih banyak udara dan menyebabkan perutnya kembung. Coba pilih botol susu yang dirancang untuk dapat mengurangi kembung dan kolik.

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Jangan panik dulu, Moms. Beberapa cara berikut ini ampuh untuk mengatasi keluhan perut kembung pada bayi:

1. Disendawakan. Mungkin ini cara termudah untuk mengeluarkan gas dari perut bayi agar tidak kembung. Jika bayi tidak sendawa setelah minum susu, coba baringkan sejenak, kemudian coba lagi dalam beberapa menit dengan menepuk lembut punggungnya.

2. Pijat lembut perut bayi. Coba baringkan Si Kecil, kemudian berikan pijatan lembut searah jarum jam. Ini efektif untuk membantu mengeluarkan gas berlebih dari perutnya, lho.

3. Gerakkan kakinya. Coba posisikan bayi telentang di kasur, kemudian angkat kedua kakinya dan gerakkan seperti sedang bersepeda. Ini juga efektif mengurangi gas berlebih dari perut bayi yang membuatnya kembung.

4. Mandi air hangat. Coba biarkan bayi berendam sejenak di bak berisi air hangat. Ini cukup membantu meredakan kembung, Moms.

5. Ganti botol. Jika Anda curiga bayi kembung karena banyak menelan udara dari botol susunya, coba ganti dengan botol yang dotnya mengalirkan susu lebih pelan.

6. Ganti posisi menyusui. Jika Anda memberi susu dari botol, pastikan posisi kepalanya lebih tinggi dari perutnya. Posisi ini memastikan susu yang ia minum masuk ke perut dan udara ke atas, sehingga ia bisa disendawakan lebih mudah. (Tiffany/SW/Dok. Freepik)

Artikel ini telah tayang di : motherandbaby.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *