Jerawat dapat menyebabkan tekanan emosional, mempengaruhi harga diri kita, dan bahkan meninggalkan bekas luka fisik yang permanen.

Sekitar 9,4 persen orang mengidapnya, dan pada usia remaja yaitu 15-19 tahun bisa lebih sering mengalaminya daripada yang lain, demikian dikutip dari laman Brightside.me, Senin (21/9/2020).

Pada kondisi ini ternyata memiliki sisi yang sangat positif dan menjanjikan. Yakni, peluang lebih tinggi untuk masa depan yang sejahtera.

Jika Anda memiliki jerawat saat remaja, Anda memiliki peluang lebih baik untuk sukses. Menurut sebuah penelitian menjelaskan adanya hubungan antara memiliki jerawat, stres yang berkembang, dan kemudian status sosial dan ekonomi.

Lebih dari 90.000 siswa dengan masalah kulit berpartisipasi dalam percobaan ini. Dari awal, hasil telah menunjukkan bahwa anak perempuan lebih cenderung cemas memiliki jerawat daripada anak laki-laki.

Peneliti memutuskan untuk mengeksplorasi lebih jauh untuk melihat bagaimana remaja menghadapi kondisi ini dan bagaimana hal itu memengaruhi pilihan mereka.

Ada berbagai alasan mengapa orang mengembangkan kondisi ini. Dalam studi ini, peneliti berkonsentrasi pada jerawat yang disebabkan oleh pubertas, ras, dan genetik.

Jadi, masalah yang agak sulit ditangani dengan cepat. Setelah itu dapat memengaruhi harga diri seseorang, membuat mereka merasa kurang menarik dan kurang diterima secara sosial oleh orang lain.

Namun, itu juga dapat memiliki beberapa efek menguntungkan. Diketahui bahwa siswa yang merasa tidak cantik di antara teman sebayanya dan memiliki jerawat, memutuskan untuk berusaha dalam pendidikan dan pengembangan diri, daripada menghabiskan waktu bersosialisasi.

Misalnya, ditemukan bahwa ketika remaja berjerawat harus memilih antara berpartisipasi dalam klub olahraga atau klub yang berkaitan dengan studi, mereka kebanyakan memilih yang terakhir.

Hal ini mengakibatkan mereka mendapatkan nilai yang lebih tinggi di sekolah, memiliki kinerja yang lebih baik secara keseluruhan jika dibandingkan dengan yang lain, dan memiliki lebih sedikit masalah dalam menyelesaikan gelar sarjana mereka.

Memiliki Jerawat Bisa Membuahkan Hasil?

Selama penelitian, para peneliti berhasil menemukan beberapa bukti bahwa memiliki jerawat dapat dikaitkan dengan pekerjaan dan potensi penghasilan yang lebih baik. Pendidikan yang baik dapat membuka banyak kesempatan bagi siswa yang bertekad tersebut.

Jadi, peluangnya lebih baik untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang bagus dan memuaskan lebih terbuka.

Hal lain yang menarik, meskipun hasil ini berlaku untuk kedua jenis kelamin, ditemukan bahwa menderita kondisi ini memiliki hubungan yang lebih kuat dengan pendapatan pribadi yang lebih tinggi untuk wanita daripada pria.

Apakah Anda atau anggota keluarga Anda pernah berjerawat? Bagaimana kondisi ini memengaruhi hidup Anda?

Artikel ini telah tayang di : liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *